- - - -
Facebook  Twitter  Google+

14/03/2017

Pokmaswas Sapo' Angin Amankan 2 Kapal Gardan Diperairan Sapudi

Perwakilan Pokmaswas dan Perwakilan ABK sedang melakukan komunikasi penandatanganan perjanjian.

Lintasmaduranews.com, Sumenep - Warga Desa Talaga, Kecamatan Nonggunong yang tergabung dalam Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Sapo' Angin mengamankan 2 Kapal Motor Gardan KM. Indah Jaya II dan KM. Sapu Jagad asal Probolinggo yang menangkap ikan di zona penangkapan perahu kecil di perairan Pulau Sapudi, 14/3/2017.

Anggota Pokmaswas Sapo' Angin, Ali Muhni mengatalan, pengamanan dua kapal tersebut dilakukan karena kapal itu menangkap ikan di kawasan penangkapan ikan masyarakat.

"Saat kami mengawasi, dua kapal itu ada di kawasan penangkapan ikan untuk perahu kecil. Kasihan masyarakat nelayan di sini, bisa gak dapat ikan," kata Ali Muhni di Pelabuhan Nangger Desa Talaga.

Saat diamankan, dua kapal tersebut digiring dan ditahan ke tepi pantai untuk dimintai keterangan, setelah melakukan penandatanganan perjanjian antara salah satu ABK dengan Ketua Pokmaswas, dua kapal tersebut dilepas kembali.

"Kami memberi peringatan kepada masing-masing dua kapal tersebut, setelah itu penandatanganan perjanjian. Intinya kapal itu berjanji tidak akan menangkap ikan dalam kawasan penangkapan ikan masyarakat nelayan perahu kecil di Desa Talaga ini. Bila dikemudian hari diketahui kembali lagi, pasti akan disanksi secara hukum," tambahnya.

Pokmaswas Sapo' Angin sumberdaya perikanan dan kelautan ini seringkali mengamankan kapal Gardan yang menangkap ikan di perairan Sapudi, khususnya di Desa Talaga, Kecamatan Nonggunong. Selain itu juga melakukan pengawasan terhadap pengrusakan terumbu karang.

"Kami selalu melakukan pengawasan dan sering mengamankan Kapal Gardan. Kami akan terus melakukan pengawasan," pungkasnya.