- - - -
Facebook  Twitter  Google+

30/05/2017

Tumpukan TKI Ilegal Asal Sumenep Berada di Negara Malaysia

Lintasmaduranews.com, Sumenep - Negera Malaysia atau yang dikenal dengan Negeri Jiran memang menjadi negara yang paling banyak diminati para tenaga kerja Indonesia (TKI) Ilegal asal Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnakertrans Kabupaten Sumenep, Moh. Zaini, dari tahun ke tahun TKI Ilegal asal Sumenep mayoritas bertambah berada di Malaysia.

"Kami menemukan para TKI ilegal itu setelah banyaknya yang dideportasi setiap bulan. Setelah kami akumulasikan setiap tahunnya ternyata selalu bertambah," jelasnya.

Dari data yang dikantonginya, terhitung sejak tahun 2014 silam sudah ada 267 TKI ilegal yang dideportasi dari Negeri Jiran tersebut. Kemudian pada tahun 2015 ada 192 TKI, tahun 2016 meningkat menjadi 330 TKI. Sementara untuk tahun 2017, terhitung sejak Januari hingga April sudah ada 48 TKI ilegal yang dideportasi dari Malaysia.

"Itu menandakan bahwa Negara Malaysia masih menjadi tujuan utama masyarakat Sumenep," katanya.

Zaini mengaku sulit untuk mengidentifikasi TKI ilegal yang berangkat ke luar negeri karena tidak bisa mencurigai orang sembarangan. "Kita sulit minta orang dilarang.  Kalau ternyata orang itu bisa berangkat bagaimana? kita tidak bisa mencurigai orang dengan melihat penampilannya, jadi ini sangat susah sekali di lapangan," tutur dia.

Namun, pemerintah tidak tinggal diam terhadap hal ini. Salah satu langkah yang dilakukan dengan memperketat jalur-jalur imigrasi. Upaya pengawasan dini juga diambil dengan memberikan penyuluhan kepada masyarakat di daerah untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum berangkat menjadi TKI di luar negeri. 

"Yang penting lagi adalah menjalin komunikasi dengan negara setempat. Orang yang mempekerjakan tenaga ilegal juga harus ditindak," pungkasnya. (Psw)