- - - -
Facebook  Twitter  Google+

30/06/2017

Asyik Foto Selfie di Kapal, Pemuda Pasuruan Hilang di Lautan

Ilustrasi

Lintasmaduranews.com, Banyuwangi - Pencarian terhadap Mahbub, 18, korban jatuh dan hilang dari atas kapal motor penumpang (KMP), Rabu (28/7) dini hari, hingga Kamis kemarin (29/6) masih belum membuahkan hasil.

Karena itu radius pencarian petugas gabungan dari kepolisian, SAR dan sejumlah instansi di Jembrana diperluas hingga beberapa mil dari lokasi pertama korban hilang.

Pencarian melibatkan SAR Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Buleleng. Lokasi pencarian selain di sekitar Teluk Gilimanuk, radius pencarian diperluas dari hari sebelumnya, yakni hingga dua mil ke arah utara pelabuhan dan satu mil ke arah selatan pelabuhan di pesisir Selat Bali dengan radius sekitar 2 kilometer.

Pihaknya juga telah berkomunikasi dengan Pos Sar Banyuwangi untuk berkordinasi dengan leading sektor terkait di Banyuwangi terkait pencarian korban.

"Untuk memaksimalkan pencarian pihaknya di back up oleh personil serta ruber boat dari Pos Sar Buleleng dan koordinasi dengan Banyuwangi," ujar Kordinator Pos Sar Jembrana Ida Bagus Surya Wirawan, seperti dilansir dari Radarbali, Kamis (29/6).

Menurutnya, kondisi arus air laut yang deras diperairan Selat Bali selalu berubah-ubah, baik saat pasang maupun surut.

Arus dipermukaan berbeda dengan dikedalaman sehingga kemungkinan juga korban terbawa arus. Namun pada umumnya, jika ada kejadian tenggelam di laut korban akan muncul kepemukaan di hari ketiga.
Sementara itu KMP Mutiara Alas III, sejak kejadian hilangnya penumpang tidak dioeprasikan lagi hingga proses penyelidikan selesai dilakukan.

"KMP Mutiara Alas memag tidak operasikan lagi," kata Kepala Syahbandar Gilimanuk Made Astika.

Kasatpolair Polres Jembrana Iptu Eddy Waluyo menambahkan, pihaknya terus melakukan pencarian terhadap korban menggunakan boat di wilayah perairan Selat Bali.

"Sampai sekarang masih belum ditemukan," terangnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang penumpang kapal motor penumpang (KMP) Mutiara Alas III terjatuh dan tengelam diperairan pelabuham Gilimanuk.

Kecelakaan laut itu terjadi Rabu sekitar pukul 01.15 dimana KMP Mutiara Alas III yang berlayar dari pelabuhan Ketapang, Banyuwangi akan sampai dipelabuhan Gilimanuk.

Saat kapal akan menuju di dermaga Movile Bridge (MB) lll, Mahbub, 18,pelajar asal Pasuruan, Jawa Timur, anggota rombongan
bus Pariwisata Pratista, W 7085 US, rombongan ziarah dari Pasuruan tujuan Denpasar itu duduk santai di bagian sisi bawah.

Saat itu korban bermain ponsel bersama temanya Chairul Anwar, 25, asal Dusun Semare, Keraton, Pasuruan.

Kemudian Mahbud berdiri di sisi samping kapal. Karena gelombang tinggi kapal bergoyang, Apes, Mahbub terpeleset ke laut.
Mahbub sempat berteriak minta tolong namun tubuhnya dengan cepat menghilang di laut.