- - - -
Facebook  Twitter  Google+

07/06/2017

PMII Sumenep Gelar Aksi Damai Menyambut Kunjungan Menteri

Lintasmaduranews.com, Sumenep - Puluhan mahasiswa PMII, Sumenep, Madura, Jawa Timur, pagi tadi melakukan demo damai di simpang jalan dr. Cipto sisi timur atau sebelahnya rumah dinas (rumdis) Wakil Bupati setempat.

Dalam aksinya, mereka menyuarakan alih fungsi tanah produktif ke perumahan yang saat ini bersamaan dengan kehadiran Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, berkunjung ke Kabupaten ujung timur Madura itu.

Orator Aksi tersebut, Agus Wahyudi mengatakan saat ini banyak lahan produktif menjadi lahan perumahan. Setiap tahun lahan agraria terus berkurang. Maka perlu kami sampaikan kepada mentri agar tahu kondisi Sumenep yang sebenarnya. "Hari ini kemandirian petani semakin terjepit. Ini semua karena penguasa kita berselingkuh dengan para investor", kata Agus.

Lanjut Agus, saat ini bumi Sumenep yang dikuasai oleh investor asing mencapai 500 hektar. Sehingga ini menjadi penghalang terhadap keberlangsungan hidup para masyarakat Sumenep. Karena masyarakat Sumenep mayoritas petani.

"Seharusnya pemerintah bisa melundungi rakyat dari terjepitnya lahan produktif di Sumenep," ujarnya.

Menurutnya, Pemerintah daerah seharusnya membuat perda terhadap perlindungan lahan produktif. Agar tanah di Sumenep tidak mudah diserobot oleh inverstor.

"Pemerintah melindungi jangan menggadaikan keberlangsungan hidup masyarakatnya," tegasnya.

Untuk diketahui, hari ini merupakan kunjungan Menteri Pertanian dan Menteri BUMN ke Kabupaten Sumenep dalam rangka Launching Kartu Tani dan lain-lain. (Psw).