- - - -
Facebook  Twitter  Google+

21/07/2017

Berikut Profil Tiga Aktivis Berebut Ketua PC ISNU Sumenep

Foto dari kiri, Rahbini, Adi Purnomo, dan Badrul Rozi

Lintasmaduranews.com, Sumenep - Semakin mendekati Pelaksanaan Konfrensi Cabang (Konfercab) Ikatan Sarjanan Nahdlatul Ulama (ISNU) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, dipastikan akan berlangsung hangat. Masing-masing kandidat mulai berebut simpati dari para anggota ISNU se Kabupaten Sumenep.

Sebelumnya, sejumlah nama dengan kekuatannya, muncul dan berebut simpati. Namun, semakin mendekati hari H Konfercab ISNU, nama-nama kader NU yang berminat maju sebagai ketua PC ISNU Sumenep Masa Khidmad 2017-2020 semakin mengerucut dan muncul tiga nama kuat.

Dari tiga nama itu, sinyal adu kekuatan Badrul Rozi, sebagai mantan Ketua PC PMII Pamekasan 2003/2004 semakin mengakar. Badrul adalah kelahiran Guluk-Guluk Sumenep. Namun, dengan gerakan senyap meski sering pula menggelar kegiatan yang melibatkan masyarakat, dapat dinilai salah satu strategi mantan Ketua PC PMII Sumenep 2009/2010, Adi Purnomo, untuk menarik simpati.

Namun, jangan kemudian terlena. Kini, muncul satu nama lagi tentu dengan kekuatan baru. Rahbini. Sekretaris PC ISNU Sumenep itu, dikabarkan akan berebut pula sebagai ketua PC ISNU Sumenep. Secara akademik, titel doktor tidak dapat diragukan kemampuan intelektual dari Koordinator Perencanaan dan Data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep tersebut.

Inilah Profil Singkat Tiga Calon Ketua PC ISNU Sumenep

Badrul Rozi, lahir di Sumenep, 31 Desember 1979. Pria yang akhirnya menjadi Ketua PC PMII Pamekasan ini, mengenyam pendidikan MI Siratul Islam Guluk-Guluk, Mts 1 Annuqayah, MA 1 Annuqayah Guluk-Guluk. Lalu, melanjutkan jenjang pendidikan S1 UIM Pamekasan, S2 STIE Mahardhika Surabaya.

Bibit kepemimpinan terpancar dari Badrul ketika masih duduk di bangku sekolah MA. Terbukti, bapak dua anak, yakni Bintang dan Sakti, dipercaya sebagai Ketua DPS di MA 1 Annuqayah. Bahkan, ketika ketika duduk di kursi mahasiswa, kembali dipercaya sebagai Ketua SEMA FKIP UIM, lalu Sekjen Presidium UIM dan Ketua 2 IPNU Cabang Pamekasan.

Karir organisasinya tidak berhenti disitu. Beberapa tahun kemudian, Badrul pun dipercaya sebagai Sekretaris 1 PMII komisariat UIM Pamekasan. Terakhir, Ketua PC PMII Pamekasan 2003/2004. Kini, di tengah kesibukannya sebagai anggota Dewan Pendidikan Kabupaten Sumenep (DPKS) dan Ketua PWC ISNU Guluk-Guluk digadang-gadang untuk duduk sebagai ketua PC ISNU Sumenep.

Rahbini, nama anggota KPU Kabupaten Sumenep dan Sekretaris PC ISNU Sumenep mulai terdengar santer untuk maju juga sebagai ketua PC ISNU Sumenep. Namun, pria yang mendapat gelar doktor di Jogjakarta itu, tidak banyak banyak diketahui profil.

Wartawan berusaha menggali informasi kepada yang bersangkutan. Namun, hingga ulasan ini diturunkan, Rahbini tidak memberikan jawaban. Pesan singkat melalui media Whatshap, hanya terlihat dibaca, tetapi tidak ada jawaban.

Penggalian informasi tidak berhenti disitu, wartawan berusaha mencari hingga ke website KPU Sumenep. Namun, website resmi milik KPU Sumenep tidak ter-upadate sama sekali dan hanya tertera nama Rahbini sebagai anggota KPU Sumenep.

”Yang jelas, Rahbini sangat layak menjadi Ketua PC ISNU Sumenep,” ujar salah satu pengurus PC ISNU Sumenep yang juga menjabat sebagai PC Ansor Sumenep, sebagaimana dilansir dari Beritafajar.

Adi Purnomo, lahir di Sumenep 05 Oktober 1984. Ayah satu anak ini, mengenyam pendidikan jenjang pertama di SDN Totosan 1 Kecamatan Batang-Batang. Lalu, MTS Miftahul Ulum Kecamatan Batang-Batang. Kehausan terhadap ilmu pengetahuan mantan Ketua Ikatan Santri Banuaju (Iksab) itu, benar-benar luar biasa dan penting menjadi contoh.

Untuk melunasi rasa haus ilmu itu, Adi Purnomo menginjakkan kaki untuk menimba ilmu di Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk. Di bawah asuhan alm KH A Warist Ilyas, Adi Purnomo melanjutkan pendidikan formal di MA 1 Annuqayah hingga terakhir di Sekolah Tinggi Ilmu Keislaman Annuqayah (STIKA) bidang pendidikan.

Sambil menyelesaikan study di Kampus yang kini bernama INSTIKA itu, Adi Purnomo dipercaya kader PMII menjadi ketua Komisariat PMII Guluk-Guluk. Sambil menjadi pengurus di Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) STIKA, masih dipercaya kembali sebagai ketua PC PMII Sumenep 2009/2010. Kini, pria yang menetap di Desa Kolpo, tempat ia dilahirkan, digadang-gadang pula untuk duduk sebagai ketua PC ISNU Sumenep.


Sumber: Beritafajar.co