- - - -
Facebook  Twitter  Google+

12/07/2017

Psikologi Gender

Ismawati

Lintasmaduranews.com - Perihal mengenai gender yang saat ini banyak diperbincangkan atau telah menjadi bahasan analisis sosial, menjadi pokok bahasan dalam wacana perdebatan mengenai pembangunan, perubahan, dan perubahan sosial. Bahkan, beberapa waktu terakhir ini, berbagai tulisan, seminar, diskusi dan sebagainya banyak membahas masalah ini. Istilah gender sendiri digunakan untuk menjelaskan perbedaan peran laki-laki dan peran yang bersifat bawaan sebagai ciptaan tuhan.

Di Indonesia, jika kita amati antara laki-laki dan perempuan hampir setiap bidang yang ada keduanya ada, itu artinya laki-laki dan perempuan di Indonesia sudah setara. Sebab keduanya mampu bersaing serta berperan disegala bidang baik bidang ekonomi, sosial, budaya maupun dalam bidang politik. Namun dari jumlah keseluruhan tersebut masih saja ditemukan beberapa peristiwa mengenai ketidak adilan gender, hal tersebut terjadi khususnya di daerah terpencil atau pedesaan yang masih kental dengan budaya selain itu juga masih banyak juga terjadi kekerasan terhadap perempuan. Ketidak adilan gender sendiri merupakan kondisi tidak adil akibat dari sistem dan struktur sosial, sehingga perempuan maupun laki-laki menjadi korban dari pada sistem tersebut. Sedangkan laki-laki dan perempuan itu berbeda, karena kodrat antara laki-laki dan perempuan berbeda.

Hakikatnya, semua mahluk diciptakan berpasangan. Pada manusia misalnya, ada laki-laki dan perempuan. Keduanya diciptakan dalam derajat, harkat, dan martabat yang sama. Kalaupun memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda, itu semua agar keduanya saling melengkapi. Hanya saja dalam perjalan kehidupan manusia, banyak terjadi perubahan peran dan status atas keduanya, terutama dalam masyarakat. Proses tersebut menjadi kebiasaan dan membudaya.Oleh karena itu, gender penting untuk di pahami dan di analisa guna melihat apakah perbedaan tersebut menimbulkan diskriminasi yaitu perbedaan yang membawa kerugian dan penderitaan terhadap salah satu pihak.

Penulis:
Nama : Ismawati
Tetala : Bangkalan, 03 Oktober 1996
Alamat : Dusun Rojing, Desa Keleyan, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan
Email : ismawatiwati845@gmail.com