- - - -
Facebook  Twitter  Google+

02/07/2017

Wabub Sumenep Hadiri Halal Bihalal IKSASS Sapudi

Wakil Bupati Sumenep, Ach. Fauzi

Lintasmaduranews.com, Sumenep - Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi menghadiri acara Halal Bihalal yang diselenggarakan oleh Gerakan Pemuda Peduli Masyarakat (GP2M) Rayon Ikatan Santri Salafiyah Syafi'iyh Sapudi (IKSASS) di Dusun Pakbima, Desa Talaga, Kecamatan Nonggunong, Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Sabtu (1/7/2017).

Acara yang bertema Menebar Nilai-Nilai Ahlussunnah Wal Jamaah  Berbekal Ilmu Bernafas Taqwa itu dihadiri oleh anggota DPRD Sumenep H. Masod Ali, Kepala Desa Talaga H. Mansuri, MWC NU Kecamatan Nonggunong KH. Sihabuddin, Santri Iksass, Alumni Iksass, Kiai Sukorejo KH. Syaiful Haq, dan Masyarakat Sapudi.

Wabup Sumenep Ach. Fauzi dalam sambutannya mengatakan, santri harus menjadi garda terdepan salam menyikapi dan meluruskan informasi-informasi yang tidak baik dan menyampaikannya kepada masyarakat secara baik pula.

" Tugas santri di bawah naungan bendera NU harus benar-benar meliruskan, menetralisir hal-hal yang kira-kira ada berita-berita yang tidak bagus. Di sinilah peran santri menjadi garda terdepan dalam rangka kebaikan, kemaslahatan, meluruskan yang benar-benar tidak lurus. Ini tugasnya para santri, baik santri laki, ataupun satri wanita," kata Ach. Fauzi.

Dia berharap kegiatan yang dilaksanakan GP2M IKSASS Rayon Sapudi ini bermanfaat kapada masyarakat dan keberadaan santri saat pulang  dapat memberi kebaikan sehingga keberadaan santri semakin berarti ke dedepannya.

"Semoga acara in bermanfaat untuk kita semua, lebih-lebih para santri bisa mempererat tali silaturrahim. Pulang ke kampung halaman walau sebentar bisa memberi sesuatu yang lebih baik kepada desanya masing-masing," harap Ach. Fauzi.

Ketua IKSASS Rayon Sapudi, Sahmawan, SQ mengatakan kegiatan Halal Bihalal tersebut merupakan rangkaian dari acara Safari Ramadan dan Festival GP2M IKASS Rayon Sapudi yang sudah digelar sebelumnya dan di dalamnya ada Lomba kreasi musik shalawat, Cerdas Cermat, Lomba Tartil Quran, dan pembagian sembako kepada fakir miskin di Desa Talaga.

"Halal Bihalal ini merupakaan acara puncak kami yang sebelumnya kami melakukan Safari Ramadan dan Festival. Agenda kegiatan kami dalam Safari Ramadan di antaranya Terawih, Dialog Agama bersama warga setempat, memberi sembako kepada 30 fakir miskin dengan rincian 20 orang warga desa Talaga dan 10 orang warga desa Gendang, Kokon.

Selain itu, tambahnya, saat Safari Ramadan juga melakukan kegiatan belajar mengajar di Madrasah Miftahul Jannah, Madrasah Badrul Qomar, dan Madrasah Assasul Muttaqin yang ketiga Madrasah tersebut berada di Desa Talaga.

Lebih lanjut Sahmawan mengatakan, kegiatan IKSASS yang ditempatkan di depan Masjid At-Taqwa atau depan Madrasah Assasul Muttaqin desa Talaga tersebut merupakan program tahunan yang bertujuan untuk menggali potensi santri di tingkat Madrasah dan mengembangkan bakat yang dimiliki santri di setiap mushalla atau surau yang ada di Sapudi.

"Setiap anak atau santri pastinya memiliki potensi,  bakat dan minat yang harus digali dan dikembangkan sehingga nantinya lahir penerus-penerus agama dan bangsa yang cerdas dan mencerdaskan. Kegiatan ini juga untuk melatih kamu agar peduli terhadap saudarara kita yang kurang mampu. Lain dari itu untuk mempererat silaturrahim antar santri, santri IKSASS dengan Alumni, Antar Alumi, dan juga dengan masyarakat," paparnya.

Sementara itu, Kepala Desa Talaga, H. Mansuri sangat mengapresiai terhadap kegiatan yang diselenggarakan GP2M IKSAS Rayon Sapudi itu. Pasalnya dapat membantu fakir miskin dan anak yatim melalui santunan serta dapat memberi pencerahan tentang agama terhadap masyarakat setempat melalui dialog agama yang ditempatkan di Masjid-Masjid.

"Kami sangat bangga dengan adanya kegiatan ini karena tetap ada aktivis-aktivis satri yang peduli rerhadap sesama terutama kepada fakir miskin dan anak-anak yatim piatu. Ada aktivis-aktivis santri yang mau berbagi ilmu agama dengan warga kami dan mau menggali potensi dan mengembangkan bakat anak-anak didik kami sebagai bentuk langkah untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas di desa Talaga ini," kata H. Mansuri.

Dengan momentum ini, lanjutnya, mari kita jaga ukhuwah islamiyah dan kerukunan antar warga sehinga tercipta persatuan dan kesatuan yang dapat membuat desa Talaga tetap kuat, aman, damai, dan sejahtera.

KH. Syaiful Haq sebagai penceramah agama dalam acara Halal Bihalal tersebut juga mengajak hadirin dan masyarakat sekitar untuk tetap beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, memperbanyak sholawat kepada Nabi Muhamnad, menjaga silaturrahim dan selalu bersama dengan para ulama.

"Mari letakkan iman di hati, jangan letakkan iman di kemaluan. Kalau iman diletakkan di hati, maka agama Islam akan terus berkembang. Tapi kalau iman diletakkan di kemaluan, maka penganut Islam akan cepat sirna. Sudah banyak contoh di berbagai daerah, yang awalnya daerah itu banyak warga Islamnya, namun lambat laun ummat Islam di sana menjadi minoritas," paparnya.

Di sisi lain, Asmami warga desa Talaga Kecamatan Nonggunong selaku penerima santunan dari acara Safari Ramadan itu merasa senang dan berterima kasih kepada santri-santri yang tergabung dalam GP2M IKSASS Rayon Sapudi.

"Ya senneng engko' olle bherres, mennya' ghuring, ban tellorra ajem. Sakalangkong. Mogha-mogha Allah malessa," (Ya saya senang dapat beras, minyak goreng, dan telur ayam. Terima kasih. Semoga Allah membalasnya) katanya sambil tersenyum.

Adapun pemenang-pemenang dalam acara Festival yaitu, Lomba Murattal: juara I Indah Wati, juara II Miftahul Wina, juara III Yesi Nasara, harapan I Ulil Firdausiah, harapan II Likaila, dan harapan III M. Qowiyul Aziz.

Lomba Cerdas Cermat Agama: juara I kelompok Tiga Serangkai, juara II kelompo Potre Koning Al-Jannah, juara III kelompok Aliasa, harapan I kelompok Moto GP, harapan II kelompok Laskar Wiraraja, harapan III Tiga Bersaudara.

Lomba Kreasi Shalawat Tingkat Junior: juara I group Pherusa, juara II group Anker (anak keren), juara III group Gelombang Asmara, harapan I group Kece Parah, harapan II group Al Ikhlas, harapan I Gempa Bumi. Sedangkan di tingkat senior, juara I group Lendhu Saghere, juara II group Se'rese', dan juara III group Nada Pelangi. (Pusawi)